Selasa, 14 Oktober 2008

TIPS MENGHADAPI PERTANYAAN, ”KAPAN NIKAH?”

Konon menikah adalah impian setiap anak perempuan. G jarang waktu kita masih kecil, imut, bin ngereweli (hehehehe) ada beberapa yang punya impian untuk menikah dengan pangeran yang datang dengan kuda putihnya. Kayaknya sih, gara-gara kebanyakan didongengin Cinderela, Snow White, dll. Eit... emang Snow White termasuk cerita dongeng ya???

Nah, masalah timbul bila kita tidak menikah dengan pangeran berkuda putih. Lho??? Bukan... bukan... maksudnya, masalah timbul bila kita (yang masih single) mendapat seribu pertanyaan tentang ”Kapan nikah?”, ”Dah ada rencana belum?”, or diingetin ”Cepat nikah. Jangan ditunda.”

Deuh...deuh...deuh...tulung...tulung....

Kalo cuma sebatas pertanyaan sih, masih bisa ditanggapi dengan tenang, berwibawa, dan diplomatis. (ni konferensi pers tentang krisis keuangan global or nanggapi pertanyaan tentang nikah seeehhh???)

Parahnya, pertanyaan g jarang disertai dengan berbagai ekspresi ajaib dari si empunya pertanyaan. Mulai dari kernyitan dahi hingga tatapan memelas. Tetooooooottttttttttt.

So, apa yang perlu kita lakukan????

  1. postive thinking. Yaps.... kendati telinga memerah, hati gonduk, mata mo juling (g segitunya ding), kita harus tetap berpikir positif. Berpikir bahwa orang2 yang menanyai kita, sejatinya adalah orang2 yang care banget ma kebahagian kita, lagian sapa tau besok klo pas kita mo nikah mereka mo nyumbang apa kek. Catering, tiket bulan madu, bayarin lokasi pernikahan, motretin pre wedding, bayarin petugas KUA. Lho???? Hehehehe... gak..gak.. Intinya sih, permasalahan apa pun itu, klo kita berpikir positif, insya Allah hasilnya juga yang terbaik bagi kita. Walopun, itu tandanya kita harus sabar dan mengendalikan emosi yang siap meledak2 serta terkadang tampak sebagai orang yang ngalahan. Contohnya, jaman masih kuliah S1, alkisah punya mantan yang amit-amit jabang bayi. Playboy, pemabuk, penipu, dlll. Akhirnya kita putus (ya, iyalah yakh. Sapa yang betah gituu???!!!) Sempat sih mo down tapi ...... whola!!! Usaha koe untuk tetap berpikir positif mampu membuat koe menjadi kuat!!!!!!!!!!!!!!! Wonder woman kali!!! Btw, hikmah dari berpikir positif atas kejadian itu; 1) Alhamdulillah dapat hidayah pakai jilbab, 2) jadi Ketua Umum suatu organisasi kemahasiswaan, n 3) fans koe tambah banyak. Hwahahahaha... narsisnya!!!
  2. jawab pertanyaan dengan nada diplomatis dan tenang. Misal; ”jeung, gimana neih?? Dah ada rencana belum sama masnya??? Kapan nikah??” maka jawablah dengan, ”doain aja ya jeung, semoga yang terbaik bagi kami.” klo masih ngotot, ”ya... Amien. Tapi KAPAN nih rencananya?” tenang..tenang... jawab dengan ”Doain aja sesegera mungkin” (ya iyalah... masak jawab ”doain aja SELAMA mungkin” ni kan jelas tidak relevan dengan jawaban yang pertama. Lagian klo dikabulin sama Allah SWT, kita juga yang berabe. Ingat sodara-sodara... menikah itu ibadah!!). trus....trus...klo si empunya tetap ngotot bin maksa, ”yang pastinya kapan jeung?? Dua tahun lagi??” maka............... ”emang jeung mo nikah kapan???”
  3. buat foto mesra ama pacar. So seolah2 kita udah foto pre wedding. Jadi klo ntar ditanya, tinggal tunjukin tuh foto, trus bilang, “sabar yeee...nti undangannya juga nyampai kok”
  4. finally, pada hakekatnya manusia memang harus berserah diri pada Sang Khalik. Rencana yang terbaik adalah yang dibuat oleh Allah SWT. Hanya Allah SWT yang mengetahui persisnya kapan kita nikah, dengan sapa, dimana, dll. So, daripada kebanyakan ngelamunin tentang hal yang masih samar, lebih baik kita mendekatkan diri dengan Allah SWT, mengembangkan kualitas kehidupan pribadi (cth, belajar masak dengan menu dari 5 benua, sapa tau dapat suami bule, jadi g bingung kalo dia gak suka sayur asem. Hehehehe J), membina hubungan yang baik dengan sesama (katakan pada mereka, daripada banyak bertanya, lebih baik berdoa untuk kita aja), lakukan kegiatan yang positif..tif...tif...

CHAYO!!!!!!!!!!! KLIK!

Tidak ada komentar: